preloader
Edit

Tentang Kita

PT Dena Danar Djaya (3D) adalah perusahaan yang berfokus menjual dan distribusi produk alat kesehatan dalam skala besar. PT 3D sudah berdiri sejak tahun 2005 di kota Jakarta. Berfokus pada marketing, distribusi, dan pengembangan produk-produk alat kesehatan habis pakai.

Contact Info

Peran Dressing pada Manajemen Luka Pasien

  • Home
  • -
  • News
  • -
  • Peran Dressing pada Manajemen Luka Pasien
 Peran Dressing pada Manajemen Luka Pasien

Sepeti kita ketahui, luka merupakan rusaknya struktur anatomi atau jaringan pada tubuh manusia yang disebabkan oleh trauma mekanis, thermal dan electrical atau kondisi medis lain. Kerusakan ini bisa terjadi pada jaringan lunak, kulit, otot, saraf hingga pembuluh darah. Manajemen luka pada kondisi ini sangat bergantung pada kondisi individu, yang membutuhkan pendekatan holistik serta individual.

Saat melakukan perawatan luka, dokter atau tenaga medis lainnya tentunya mempertimbangkan masing-masing kondisi pasien, selain pengetahuan dasar terkait anatomi dan fungsi. Pasien yang membutuhkan perawatan luka umumnya mengkaitkan dengan adanya rasa sakit yang membuat tidak nyamanan. Kondisi estetik, kurangnya aktivitas hingga berbagai kondisi lain yang mengurangi kegiatan sehari-hari.

Secara medis sendiri luka dibagi menjadi 2 yakni luka terbuka dan luka tertutup meski ada juga yang menambahkan luka bakar atau sengatan listrik. Hal ini yang kemudian menjadikan perawatan luka menjadi sangat penting dilakukan. Perbedaan penyebab luka secara langsung akan memberikan perbedaan manajemen pada luka tersebut.

Jenis Manajemen Luka Dalam Dunia Medis

Menurut tipenya luka dapat dibedakan menjadi 4 jenis antara lain :

  1. Luka bersih merupakan luka yang mucul akibat tindakan operasi dengan teknik steril. Sebagai contoh luka pada daerah dinding perut, dan jaringan lain yang letaknya lebih dalam, seperti tiroid, kelenjar, pembuluh darah, otak, dan tulang.
  2. Luka bersih terkontaminasi adalah luka yang terjadi akibat benda tajam, bersih dan rapi, namun terpapar infeksi dari lingkungan tidak steril atau operasi yang mengenai daerah usus halus dan bronchial. Penanganan khusus diperlukan untuk mengatasi tipe luka jenis ini.
  3. Luka kontaminasi merupakan jenis luka yang tidak rapi, terkontaminasi oleh lingkungan kotor. Misalnya operasi pada saluran terinfeksi (usus besar, rektum, infeksi bronkhial, saluran kemih)
  4. Luka infeksi merupakan tipe luka yang diikuti adanya infeksi, kerusakan jaringan, serta kurangnya vaskularisasi pada jaringan luka. Sebagai contoh luka gangren pada penderita diabetes mellitus dan lain sebagainya.

Masing-masing tipe luka membutuhkan manajemen perawatan yang berbeda. Selain itu tenaga medis juga harus dapat memilih tipe dressing yang tepat setelah melakukan pembersihan luka atau proses debridement. Sterilisasi dengan tujuan kondisi luka dapat sembuh dengan sempurna sesuai dengan tahap-tahap perbaikan luka yang tepat.

PT Dena Danar Djaya memiliki dressing khusus untuk manajemen luka pasien baik, luka bakar, trauma, diabetic pada penderita diabetes mellitus dan lain sebagianya. Untuk informasi lebih lanjut Anda dalap menghubungi careline officer kami melalui nomer Whatsapp tertera. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

PT Dena Danar Djaya (3D) Meds merupakan perusahaan yang bergerak dalam produksi dan distribusi serta pengembangan alat kesehatan skala besar. PT 3D berdiri sejak tahun 2005 berkomitmen memenuhi kebutuhan alat kesehatan berbagai layanan kesehatan di Indonesia. Produk kami miliki kualitas terbaik dan memenuhi standar dalam dunia medis.

JAM OPERASIONAL

Senin 08.00 - 17.00
Selasa 08.00 - 17.00
Rabu 08.00 - 17.00
Kamis 08.00 - 17.00
Jumat 08.00 - 17.00
Sabtu Tutup
Minggu Tutup